Problem Solving Approach

Dalam menyelesaikan masalah kita dapat membaginya kedalam beberapa tahap.Tahap pertama bersifat general (umum) dan tahap berikutnya akan semakin spesifik.Tahap – tahap penyelesaian masalah adalah sebagai berikut:

  1. Problem identification

  2. Synthesis

  3. Analysis

  4. Application

  5. Comprehension

Setelah kelima tahap tersebut diselesaikan barulah kita bisa mendapatkan solusi yang sebenarnya. Akan tetapi tidak selamanya kelima tahap ini akan menuntun kita mendapatkan solusi yang dibutuhkan.Kadangkala saat kita mendapatkan suatu angka atau data yang tidak memuaskan dalam memberikan solusi, maka kita harus mengulangi tahap – tahap tersebut dari awal


Problem identification

Identifikasi masalah adalah tahap awal dalam penyelesaian masalah. Tahap ini adalah waktu dimana kita mencari tahu apa masalah yang dihadapi.

Synthesis

Sintesis adalah tahap dalam mengembangkan ide -ide kreatif yang kita punya dan menyusunnya menjadi suatu kesatuan yang utuh.

Analysis

Analisis adlah tahap dimana kita memaparkan ide – ide yang kita punyai dan mengubah masalah fisik kedalam model matematika. Dalam tahp ini juga kita dituntut untuk mencari data, membuat kesimpula yang benar, memilih informasi yang masuk akal, dan menghubungkan setiap bagian yang kita punya.

Application

aplikasi adalah proses dimana kita mengambil informasi yang kita punyai untuk menyelesaikan masalah.

Comprehension

Tahap terakhir adalah bagaimana kita menyatukan setiap teori dan data yang kita dapatkan dan digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada.


Bagaimana pendapat saya sendiri?

Tahap – tahap diatas memberikan kita cara yang sangat sistematis dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada. Dimulai dari tahap identifikasi masalah yang sifatnya umum sampai kepada komprehensi yang lebih bersifat spesifik sehingga memudahkan kinerja kita dalam mencari solusi yang tepat.

Tidak ada komentar: